Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Rumah Minimalis Di Lahan Trapesium

Wah, Bosan dengan Lahan Lurus? Cobain Rumah di Lahan Trapesium!

gambar rumah minimalis di lahan trapesium

Siapa bilang rumah harus berdiri di atas lahan yang lurus dan segitiga sama sisi? Kali ini, kami hadirkan solusi untuk kamu yang bosan dengan lahan yang monoton. Yup, solusinya adalah memilih lahan trapesium. Anda mungkin pernah dengar tentang hal-hal seperti ini. Namun, ada apa dengan rumah di lahan trapesium? Mari kita bahas selengkapnya.

Apa Itu Lahan Trapesium?

desain rumah di lahan trapesium

Sebelumnya, baeklah kita membahas apa itu sebenernya lahan trapesium. Secara sederhana, trapesium adalah bangun datar dengan empat sisi. Akan tetapi, sisi yang bersebrangan tidak parallel. Jadi, tidaak aneh jika memiliki lahan yang berbentuk trapesium.

Jenis-Jenis Lahan Trapesium

contoh desain rumah dengan lahan 72 meter persegi

Selain itu, bentuk lahan trapesium terkadang cukup rumit, Sebab, selalu ada sisi yang lebih panjang daripada sisi lain, sehingga memungkinkan untuk membuat rencana yang berbeda-beda. Beberapa bentuk lahan trapesium yang paling umum antara lain:

  • Trapesium Rata: Jenis lahan trapesium ini memiliki keempat sisi yang sama panjang.
  • Trapesium Terbalik: Jenis lahan trapesium yang ini mirip dengan trapesium biasa, tapi si sisi bawah yang lebih panjang dari sisi atasnya.
  • Trapesium Simetris: Jenis lahan trapesium seperti ini memiliki satu garis tengah yang membagi lahan menjadi dua bagian yang simetris.

Keuntungan dalam Memilih Lahan Trapesium

gambar lahan 100 meter persegi

Memiliki Karakteristik Unik

Salah satu hal baik dari memilih lahan trapesium adalah Anda bisa membuat rumah Anda menjadi unik dan tidak biasa. Karena bentuk trapesium yang tidak umum, semakin sulit membuat desain yang baik untuk lahan tersebut.

Mempunyai Banyak Ruang Yang Luas

Sebuah lahan trapesium biasanya cukup besar dengan beberapa sisi miring. Hal ini memungkinkan penggunaan seluruh sudut rumah menjadi lebih maksimal. Tidak hanya itu, lahan trapesium bisa memiliki backyard atau halaman belakang yang cukup luas.

Cara Mengatasi Kendala dalam Membangun Rumah di Lahan Trapesium

Tenang, ini dia beberapa kendala yang mungkin muncul dan cara mengatasinya:

Kendala : Lebih Mahal

Rumah yang dibangun di atas lahan trapesium memerlukan desain yang kekinian dan out of the box agar terhindar dari kesan biasa. Tapi, desain yang unik seringkali memerlukan budget yang lebih besar.
Cara Mengatasinya: Jangan khawatir, cobalah konsultasi dengan arsitek atau designer terkenal. Tak jarang mereka mempunyai konsep yang out of the box tetapi tetap minimalis, sehingga bisa dikombinasikan dengan lahan trapesium.

Kendala: Pembuatan Pondasi

Perbedaan kedalaman yang ada dalam lahan trapesium tentu sulit dilakukan penggalian dan pembuatan pondasi. Pondasi yang tidak kuat, bisa membahayakan kestabilan konstruksi bangunan pada masa depan.

Cara Mengatasinya: Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya konsultasi dengan kontraktor yang sudah berpengalaman.

Langkah-Langkah dalam Membangun Rumah di Lahan Trapesium

1. Konsultasi dan Persetujuan dengan Pemilik Lahan
Pertama pastikan mengetahi detail mengenai lahan trapesium atau meminta informasi s etiap hal mengenai lahan. Setelah Anda yakin, Anda bisa memiliki kesempatan untuk membangun rumah di atas lahan tersebut, segera pergi ke pemilik lahan dan usulkan rencana Anda.

2. Buat Desain Rumah Yang Unik
Desain merupakan hal yang krusial dalam membangun rumah di lahan trapesium. Jangan lupa mencatat bentuk lahan, dan kemungkinan-kemungkinan juga. Jangan hanya berfokus pada bentuk lahan saja, tetapi juga fungsionalitas ruangan dan tata ruang. Anda bisa meminta bantuan dari ahli arsitek yang berpengalaman membuat desain rumah yang sesuai dengan lahan trapesium anda.

3. Dapatkan Izin Pembangunan
Setelah merancang desain yang sempurna dan memutuskan untuk membangun, harus mendapatkan izin pembangunan dari pihak berwenang. Izin ini dibutuhkan agar pembangunan bisa diawasi dan tidak menimbulkan masalah di masa depan.

4. Pilih Kontraktor atau Tukang Bangunan Ahli
Bangunlah kontraktor atau tukang bangunan yang sudah berpengalaman dalam membangun rumah di lahan trapesium agar hasilnya terbaik dan aman.

5. Pilih Material yang Tahan Lama
Memilih material yang tepat untuk lahan trapesium yang panas dan lembab sangat penting agar bangunan kokoh dan tahan lama. Anda bisa mencari material yang tepat dengan bebas digunakan oleh kontraktor atau tukang bangunan

Contoh Rumah-Rumah di Lahan Trapesium

contoh desain rumah yang dibangun di lahan trapesium

Lihat deh, berikut ini adalah contoh dari desain rumah di lahan trapesium yang berbeda-beda. Dari mulai desain yang simpel sampai desain yang out of the box!

Tips Membangun Rumah di Lahan Trapesium

1. Pilih desain yang paling sesuai dengan bentuk lahan trapesium yang kamu miliki. .

2. Buatlah kebiasaan memotong rumput di sekitar rumah anda tiap bulan sehingga rumput tidak menempel di dinding rumah anda.

3. Instalasi bahan bakar alami sangat penting, sebagai tambahan energi dari matahari dan angin.

4. cat kayu di area internal rumah memiliki harga yang lebih murah daripada cat mempertahankan kualitas pada tumpukan kayu dan membuat kayu terlihat lebih indah.

5. Untuk menambahkan nilai estetika, tata air mancur yang indah bisa bertindak sebagai pajangan depan rumah anda, sehingga tampak indah saat dilihat dari jauh.

6. Ini mungkin dilupakan, tetapi selalu pastikan rumah anda memiliki sistem pengaliran air yang baik.

7. Gunakan sumber energi hemat energi di sekitar area Anda, seperti lampu tenaga surya atau AC hemat energi, yang bisa membuat hidup lebih hemat dalam jangka panjang dan juga bersahabat dengan lingkungan.

8. Periksa konstruksi atap untuk memastikan bahwa ia tidak bocor dan tidak terkikis oleh angin. Keuntungan menggunakan atap yang bersih dan tahan air seperti atap logan yang berbahan metal itu memastikan bahwa rumah anda tetap kering.

Nah itu dia guys, Tips-tips yang tadi udah diceritain mudah-mudahan bisa berguna nih untuk kalian yang lagi mau bangun di lahan trapesium, dan semata-mata hanya untuk kalian yang gila-gilaan dengan ide dekorasi rumah menarik dan unik.

Jangan lupa ya guys, selalu hati-hati ketika sedang membangun rumah di lahan trapesium. Pastikan bahwa proses pembangunannya aman dan sesuai aturan sesuai dengan rekomendasi dan ide yang sudah kamu dan ahli arsitek sepakati. Selamat berkreasi dan rumahmu jadi lebih indah.


Posting Komentar untuk "Desain Rumah Minimalis Di Lahan Trapesium"